Motivasi Belajar

Motivasi  adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan, maka dari itu Motivasi belajar dapat juga di artikan sebagai suatu usaha reaksi seseorang untuk bertindak dan berusaha mencapai target yang ditetapkan dalam belajar. Motivasi belajar setiap individu akan berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam motivasi belajar antara lain adalah :

·         Physicological needs
Yaitu kebutuhan seseorang akan hal fisiologis seperti rasa lapar dan haus.
·         Safety needs
Yaitu kebutuhan seseorang akan rasa aman secara fisik, mental dan intelektual.
·         Love beeds
Yaitu kebutuhan seseorang akan kasih saying atau afeksi yang diterima.
·         Self actualization
Yaitu kebutuhan seseorang akan kemampuan mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya.

Motivasi belajar dapat juga di pengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Yang dimaksud dengan faktor internal adalah motivasi yang terjadi atas dasar kesadaran diri sendiri akan betapa penting nya belajar tanpa perlu diingatkan oleh lingkungan sekitar. Dan  yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah motivasi yang datangnya dari orang lain dan lingkungan sekitar, contoh nya seorang anak yang giat belajar dan apabila naik kelas diberikan hadiah oleh orang tuanya.

Motivasi belajar sangat penting untuk seseorang agar lebih giat dan lebih terpacu lagi dengan kegiatan belajar nya agar terdapat perubahan yang bersifat progresif dalamhal pengetahuan, sikap, dan perilaku. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motifasi belajar antara lain adalah :

·         Bergaul dengan orang-orang yang gemar belajar
Dengan melakukan hal ini maka secara tidak langsung akan membawa seseorang lebih termotifasi lagi dalam hal belajar dikarenakan lingkungan yang mendukung secara positif.

·         Membuat target
Membuat sebuah target akan menjadikan seseorang termotivasi dalam belajar karena seseorang menjadi tau apa yang akan dicapai nya apabila belajar dengan sungguh-sungguh.

·         Bersosialisasi dengan orang lain
Hal ini menjadikan seseorang mengenal teman-teman atau lingkungan disekitarnya, dan kemudian secara otomatis akan mendapatkan cerita atau kisah kesuksesan atau hal yang menggugah dari lingkungan tersebut yang membuat seseorang akan lebih termotivasi dalam belajar.

·         Membaca biografi orang-orang sukses.
Bill gates, Steve Jobs, Albert Enstein dan para tokoh besar lain nya memiliki kisah hidup mereka sendiri mulai dari bukan siapa-siapa dan sekarang semua orang mengenal mereka, perjuangan hidup dan kebiasan-kebiasaan positif mereka dapat dipelajari dan diambil hikmah nya untuk menjadi bukti nyata bahwa dengan motivasi belajar yang tinggi maka kesuksesaan akan menunggu di masa depan. 

0 comments:

pendapat anda tentang blog ini?

Popular posts

Followers

Powered by Blogger.

Copyright © / HarizFadillahMuslim

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger