Artikel mempersiapkan diri saat interview

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentunya setelah lulus nanti mendapatkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan passion selama dibangku kuliah merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai. Dan salah satu tahapan untuk mencapai itu adalah tes wawancara kerja atau interview. Untuk bisa melewati  tahapan ini dengan baik tentunya banyak yang harus dipersiapkan agar mendapatkan hasil yang optimal dan dapat diterima kerja diperusahaan idaman. Setelah melakukan pencarian di internet dan mendengarkan dari beberapa senior yang telah melakukan interview sebelum nya, maka saya dapat menyimpulkan beberapa saran dan persiapan yang harus dilakukan agar tahapan wawancara dapat memiliki hasil yang maksimal. Diantara nya antara lain :
1.   Mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti CV dan surat lamaran. Dalam mempersiapkan surat lamaraan, dapat pula ditambahkan kualitas spesifik yang dicari perusahaan, contohnya apabila perusahaan mencari pegawai yang pekerja keras,saya dapat mencantumkan bahwa saya dapat bekerja keras juga.

2.   Mencari berbagai informasi sebelumnya tentang perusahaan tersebut. Maka saya akan lebih mudah mengenal visi misi perusahaan dan dapat menunjukan ketertarikan dan pengetahuan akan perusahaan tersebut.


3.   Penampilan. Berpenampilan yang sopan rapi  dan elegan mendapatkan nilai tambah dimata pewawancara. Maka dari itu memilih apa yang akan dikenakan pada saat sesi wawancara merupakan hal yang wajib.

4.   Tidak gugup. Sebelum memasuki ruang intetview sebaiknya melakukan beberapa tips yang dirasa dapat mengurangi rasa gugup pada saat wawancara nanti. Karena apabila terlihat gugup maka pewawancara merasa tidak yakin pada calon karyawan nya.


5.   Datang tepat waktu. Dengan datang tepat waktu atau datang lebih awal maka saya dapat menenangkan diri di kantor tersebut sebelum masuk ke ruang interview.

6.   Tidak meninggalkan kesan buruk pada saat wawancara kerja, karena pewawancara cenderung mengingat ketidaksempurnaan jawaban yang dilontarkan.

7.   Melakukan tips  psikologis sederhana pada saat memasuki ruang interview. Antara lain :
-Selalu ambil waktu beberapa detik untuk berpikir sebelum menjawab pertanyaan
-Sejak pertama tahu kapan tanggal wawancara, langsung visualisasikan sesi  tanya-jawab yang ideal.


Demikian beberapa persipan yang dapat saya lakukan nanti pada saat wawancara kerja. Semoga dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik agar diterima pada perusahaan idaman.

0 comments:

pendapat anda tentang blog ini?

Popular posts

Followers

Powered by Blogger.

Copyright © / HarizFadillahMuslim

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger