Manusia Sebagai makhluk yang berbudaya


BAB I
Pendahuluan


A.     Latar Belakang
Setiap wilayah dan khusus nya di Indonesia memiliki budaya dan kebudayaan masing-masing dan berbeda antara satu tempat dan tempat lain nya,oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang apa saja budaya yang berada di Indonesia.

B.      Maksud dan Tujuan
Maksud dan Tujuan dari di buat tulisan ini adalah untuk memenuhi tugas Ilmu Sosial Dasar.

















BAB II
Teori

1.Pengertian Manusia dan Pengertian Budaya
Manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi. Manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu. Dalam hubungannya dengan lingkungan, manusia merupakan suatu oganisme hidup (living organism). Terbentuknya pribadi seseorang dipengaruhi oleh lingkungan bahkan secara ekstrim dapat dikatakan, setiap orang berasal dari satu lingkungan, baik lingkungan vertikal (genetika, tradisi), horizontal (geografik, fisik, sosial), maupun kesejarahan.Dalam hubungannya dengan lingkungan, manusia merupakan suatu oganisme hidup (living organism). Terbentuknya pribadi seseorang dipengaruhi oleh lingkungan bahkan secara ekstrim dapat dikatakan, setiap orang berasal dari satu lingkungan, baik lingkungan vertikal (genetika, tradisi), horizontal (geografik, fisik, sosial),
            Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

2.Pengertian manusia sebagai makhluk yang berbudaya
            Manusia adalah makhluk yang paling sempurna bila dibanding dengan makhluk lainnya, mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mengelola bumi. Oleh karena itu manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinannya di muka bumi disamping tanggung jawab dan etika moral harus dimiliki, menciptakan nilai kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab agar bermakna bagi kemanusiaan. Selain itu manusia juga harus mendayagunakan akal budi untuk menciptakan kebahagiaan bagi semua makhluk Tuhan.Oleh karna itu,budaya biasa nya sangat lekat dalam diri setiap individu dan biasa nya budaya atau berbudaya sudah ditanamkan sejak dini dalam setiap inidividu mulai dari tahapan di dalam keluarga,lingkungan sekitar,di masyarakat dan di media masa.

BAB III
         Studi Kasus
Pada dasar nya di setiap daerah atau setiap individu itu sendiri memiliki budaya atau kebudayaan yang beragam,berikut ini adalah beberapa kebudayaan yang sering kita temui atau mungkin kita jalankan pada kehidupan sehari-hari.
1.Mencium tangan orang tua
Pada umum nya di Negara timur termasuk di Indonesia budaya mencium tangan orang tua sejati nya sudah di terapkan sejak usia dini,budaya ini di maksudkan untuk meminta restu orang tua dan menanamkan rasa cinta terhadap  orangtua, cium tangan itu juga sebagai tanda hormat dan terima kasih terhadap orang tua.
2.Penggunaan Tangan kanan
Di Indonesia,ini merupakan hal yang lumrah dan sudah menjadi salah satu budaya dasar yang dimiliki oleh setiap orang Indonesia.Karena menurut kepercayaan,menggunakan tangan kanan adalah suatu hal yang dianggap sopan.Beda hal nya di luar negeri seperti di eropa,mereka tidak terlalu memikirkan penggunaan tangan kanan atau tangan kiri dalam melakukan suatu hal,karena budaya mereka berbeda dengan budaya di Indonesia.
3.Senyum Dan Sapa
Indonesia terkenal dengan penduduk nya yang ramah,Senyum dan sapa.Hal tersebut sudah diakui oleh banyak sekali orang asing yang pernah berkunjung di Indonesia,karena Hal tersebut sudah di tanamkan sejak luhur.
4.Musyawarah Dan gotong royong
Hampir setiap masalah yang dating di lakukan penyelesaiain dengan cara bermusyawarah dan melakukan segala sesuatu hal social dengan bergotong royong.Hal tersebut merupakan cerminan dan salah satu budaya dari beribu budaya yang ada di Indonesia dan masih diterapkan hingga saat ini.

Uraian di atas merupakan beberapa budaya yang kita miliki sebagai warga Indonesia,beda hal nya apabila kita berkunjung ke belahan dunia lain dan melakukan studi kasus tentang budaya,maka kita akan melihat budaya yang baru dan berbeda di setiap tempat nya.

BAB IV
Penutup


Kesimpulan dari tulisan ini adalah budaya atau kebudayaan memang sangat berpengaruh terhadap individu yang menjalankan budaya tersebut dan walaupun kebudayaan berbeda dari suatu tempat ke tempat lain nya dan manusia yang menjalankan kebudayaan itu juga berbeda setiap individu dan kebudayaan yang di anut nya,sejati nya setiap individu harus salang menghargai dan menghormati terhadap individu lain walaupun budaya yang di anut dan dijalankan nya berbeda.Karena sesungguh nya dengan ada nya perbedaan budaya di dunia ini membuat dunia ini lebih beragam dan dapat menutupi kebudayaan yang kurang baik dengan kelebihan suatu budaya yang lain nya.



0 comments:

pendapat anda tentang blog ini?

Popular posts

Followers

Powered by Blogger.

Copyright © / HarizFadillahMuslim

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger