Pada
tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang divisi dalam pembuatan game guna
melengkapi tugas matakuliah softskill pengantar teknologi game.Ada beberapa bidang divisi dalam
pembuatan suatu game dari mulai blueprint sampai game tersebut dapat dimainkan
oleh user yang saling berkaitan.Antara lain sebagai berikut :
Team Leader
Seseorang
yang memiliki tanggung jawab untuk memimpin sebuah tim dan memastikan
komunikasi antar divisi berjalan dengan baik dan memiliki wewenang dalam
mengambil keputusan.
Game
Designer
Seseorang
atau kelompok yang bertugas menentukan dan mendesain alur, tipe, dan tampilan game yang akan dibuat seperti apa.Game
designer termasuk dalam pre-production stage,yang berarti game designer bekerja
sebelum game artist dan programmer.
Game
mechanic designer
Seseorang
yang mendesain dan menyeimbangkan mekanika alur cerita pada pembuatan game.
Writer
Seseorang
yang bertugas untuk menulis dan memahami cerita dari game tersebut.
Producer
Dalam
pembuatan game,Producer mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk game akan
dibuat seperti apa yang sebelumnya telah disepakati bersama oleh berbagai
divisi.
Programmer
Programmer
adalah seseorang yang membuat source code dari desain game tersebut sebelum di
implementasikan pada perangkat keras,peran programmer sangat penting dalam
pembuatan game.
Game Artist
Divisi yang
bertugas membuat karakter dalam game.Biasanya divisi ini diisi oleh orang-orang
yang memiliki kreatifitas tinggi dalam mendesain karakter.
Composer
(Music Edior)
Mempunyai
tugas membuat dan menyisipkan efek suara dalam game agar suasana game tersebut
lebih nyata dan lebih menarik.
Script And
Text Editor
Memiliki
tugas untuk membuat scenario dari game yang akan dibuat.skrip-skrip tersebut
akan dibaca oleh Game artist untuk
menjadi gambaran dasar pembuatan karakter yang cocok dengan script.
Cinematik
Pada divisi
cinematik,memiliki tujuan untuk membuat game menarik dari segi alur,tampilan
maupun konsep.
Game Engine
Berikutnya
saya akan menjelaskan apa itu game
engine.Game engine merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan
mengembangkan video game.Game engine dibagi menjadi dua bagian besar,yaitu API
dan SDK. API atau Application Programming Interface merupakan bagian dari
operating system,contohnya DirectX.Sedangkan SDK adalah kumpulan libraries API
yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating
system dan service yang sama.
Ada
beberapa type game engine.antara lain :
Roll your engine
Game engine
tipe ini kemungkinan besar gratis,game engine ini juga memberikan izin
developer game mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk membentuk game
engine mereka sendiri.
Mostly-ready
Game engine
Mostly ready sudah menyediakan semua yang dibutuhkan oleh game developer antara
lain GUI,phisycs,libraries models,tekstur dan lain-lain.
Point and click
Jenis game
engine ini membuat user dengan mudah menggunakannya atau user
friendly,contohnya GameMaker,Torque Game Builder dan Unity 3D.
Berikutnya
saya akan menjelaskan apa itu tools pada proses pembuatan game.
Tools dalam
pembuatan game adalah alat bantu yang dibutuhkan dalam pembuatan game.Contohnta
3D model editor,level editor dan graphics programs. Tools juga merupakan bagian
elemen yang ada pada game engine selain System,console,support,Renderer/engine,dll
Yang
terakhir adalah Hardwere yang digunakan untuk menjalankan sebuah game,antara
lain adalah proccessor,VGA Card,motherboard,webcam dll.
Sekian
penulisan saya kali ini mengenai apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam
pembuatan game.
0 comments:
Post a Comment