Pengantar Teknologi Game

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang divisi dalam pembuatan game guna melengkapi tugas matakuliah softskill pengantar teknologi  game.Ada beberapa bidang divisi dalam pembuatan suatu game dari mulai blueprint sampai game tersebut dapat dimainkan oleh user yang saling berkaitan.Antara lain sebagai berikut :

Team Leader
Seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk memimpin sebuah tim dan memastikan komunikasi antar divisi berjalan dengan baik dan memiliki wewenang dalam mengambil keputusan.

Game Designer
Seseorang atau kelompok yang bertugas menentukan dan mendesain alur, tipe, dan tampilan game yang akan dibuat seperti apa.Game designer termasuk dalam pre-production stage,yang berarti game designer bekerja sebelum game artist dan programmer.

Game mechanic designer
Seseorang yang mendesain dan menyeimbangkan mekanika alur cerita pada pembuatan game.

Writer
Seseorang yang bertugas untuk menulis dan memahami cerita dari game tersebut.

Producer
Dalam pembuatan game,Producer mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk game akan dibuat seperti apa yang sebelumnya telah disepakati bersama oleh berbagai divisi.

Programmer
Programmer adalah seseorang yang membuat source code dari desain game tersebut sebelum di implementasikan pada perangkat keras,peran programmer sangat penting dalam pembuatan game.

Game Artist
Divisi yang bertugas membuat karakter dalam game.Biasanya divisi ini diisi oleh orang-orang yang memiliki kreatifitas tinggi dalam mendesain karakter.

Composer (Music Edior)
Mempunyai tugas membuat dan menyisipkan efek suara dalam game agar suasana game tersebut lebih nyata dan lebih menarik.

Script And Text Editor
Memiliki tugas untuk membuat scenario dari game yang akan dibuat.skrip-skrip tersebut akan dibaca oleh  Game artist untuk menjadi gambaran dasar pembuatan karakter yang cocok dengan script.

Cinematik
Pada divisi cinematik,memiliki tujuan untuk membuat game menarik dari segi alur,tampilan maupun konsep.

Game Engine
Berikutnya saya akan menjelaskan apa  itu game engine.Game engine merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game.Game engine dibagi menjadi dua bagian besar,yaitu API dan SDK. API atau Application Programming Interface merupakan bagian dari operating system,contohnya DirectX.Sedangkan SDK adalah kumpulan libraries API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan service yang sama.
Ada beberapa type game engine.antara lain :

Roll your engine
Game engine tipe ini kemungkinan besar gratis,game engine ini juga memberikan izin developer game mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk membentuk game engine mereka sendiri.

Mostly-ready
Game engine Mostly ready sudah menyediakan semua yang dibutuhkan oleh game developer antara lain GUI,phisycs,libraries models,tekstur dan lain-lain.

Point  and click
Jenis game engine ini membuat user dengan mudah menggunakannya atau user friendly,contohnya GameMaker,Torque Game Builder dan Unity 3D.

Berikutnya saya akan menjelaskan apa itu tools pada proses pembuatan game.
Tools dalam pembuatan game adalah alat bantu yang dibutuhkan dalam pembuatan game.Contohnta 3D model editor,level editor dan graphics programs. Tools juga merupakan bagian elemen yang ada pada game engine selain System,console,support,Renderer/engine,dll

Yang terakhir adalah Hardwere yang digunakan untuk menjalankan sebuah game,antara lain adalah proccessor,VGA Card,motherboard,webcam dll.

Sekian penulisan saya kali ini mengenai apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan game.



0 comments:

pendapat anda tentang blog ini?

Popular posts

Followers

Powered by Blogger.

Copyright © / HarizFadillahMuslim

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger