Resume Seminar Game Open Lecture “Game Industri, Global and Indonesia Opportunity and Challenges”

Seminar yang telah saya ikuti pada tanggal 10 juni 2014 kemarin merupakan sebuah seminar berjudul “Game Industry,Global and Indonesia Opportunity and challenges” yang diselenggarakan atas kerjasama antara Universitas Gundarma dan Good Game Campus. Good Game Campus (GG campus) merupakan sebuah lembaga edukasi dengan spesialisasi dalam mobile game dan application development. GG campus memberikan pengertian tentang metode pembelajaran baru yang menginspirasi dan memberikan semangat kepada para peminat game untuk membuat sebuah karya masterpiece nya sendiri.
GG Campus menargetkan untuk memberikan edukasi kepada siapa saja yang tertarik kedalam industri game dengan kurikulum yang terorganisasi. Pada seminar kali ini GG Campus diwakili oleh beberapa narasumbernya antara lain,Kim Kyoung Hwan yang merupakan sebuah dosen di universitas Seoul Cyber Univ.(Seoul),Yuhan Univ.(Buchon) dan Seoul Occupational College(Seoul);Jung Hwan Kyoung,dan Park Ho Jun.

Game Yesterday and today
Pada pembahsan yang pertama yaitu mengenai game yesterday and today. Yang dimaksud dengan game yesterday and today adalah game yang popularitasnya sepanjang masa. Game yang baik memiliki elemen story yang baik agar para pemain game tidak merasa cepat bosan dalam memainkan game tersebut.

The Rise Of Gamming
Dalam merancang dan mebuat game ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.Yaitu :
-Bunch of References
Untuk membuat game yang baik harus diperlukan banyaknya referensi.
-Free & Easy to Use tools
Pada tahap ini melakukan implementasi pada aplikasi game yang akan di buat.
-Monotize ready
Setelah game selesai dibuat maka siap untuk mendapatkan uang.
-Open Market
Pada tahap ini adalah tahap terpenting,yaitu aplikasi yang telah dibuat diharuskan support untuk semua market khususnya platform smartphone.

Kemudian komponen yang ada pada game terdiri menjadi dua bagian,yaitu content dan engine. Content terdiri dari sound,effect,lighting,level design,dan animation. Sedangkan Enginge terdiri dari motion capture.
Pada pembahasan yang berikutnya adalah tentang trend pasar game mobile dan kisah sukses nya. Status pasar global dari game berbasis mobile,pada tahun 2013, pertumbuhan sangat pesat pada game berbasis mobile dengan pendapatan diperkirakan sekitar 100 miliar dalam skala industri.trend pasar pada game berbasis mobile adalah smarthpone yang pertumbuhan nya juga begitu besar.
Di asia tenggara,Thailand,Vietnam,dan Indonesia merupakan pasar yang pertumbuhan nya diperkirakan naik secara bertahap. Maka dari itu sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang mengembangkan bisnis nya pada bidang game di Indonesia.

Pasar game yang paling besar di dunia antara lain console game,PC game,online game,social game dan mobile game. Beberapa perusahaan besar telah mengeluarkan berbagai aplikasi gamenya,antara lain :
-online Game    : Activision Blizz,EA,Tencent,Naxon,NCSoft.
-Mobile game    : DeNA,GREE,Apple,Google,kaKaoTalk,Line.
-Console Game : Sony,Microsoft,Nintendo,Ubisoft,Konami,Namco Bandai.
-SNS Game         : Zynga,Facebook.

Dengan begitu pesatnya industry game,ada beberapa contoh game berbasis mobile yang begitu sukses.Antara lain :
-Clash of Clans                   : keuntungan $35 Juta/Bulan.
-Candy Crush                     : keuntungan $12 Juta/Bulan.
- Puzzle & Dragon            :Keuntungan $100 Juta/Bulan.

Selain bebrapa penjelasan tentang game diatas,pada seminar kali ini juga ditampilkan sebuah demo game dengan teknologi Brain Computer Interface.Yang dimaksud dengan Brain Computer Interface adalah mengontrol sebuah permainan dengan otak tanpa menggunakan alat bantu seperti joystick atau sejenisnya.

Nama    : Hariz Fadillah Muslim
Kelas     :3IA12

NPM      :53411236

0 comments:

pendapat anda tentang blog ini?

Popular posts

Followers

Powered by Blogger.

Copyright © / HarizFadillahMuslim

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger