Seminar yang telah
saya ikuti pada tanggal 10 juni 2014 kemarin merupakan sebuah seminar berjudul
“Game Industry,Global and Indonesia Opportunity and challenges” yang
diselenggarakan atas kerjasama antara Universitas Gundarma dan Good Game
Campus. Good Game Campus (GG campus) merupakan sebuah lembaga edukasi dengan
spesialisasi dalam mobile game dan application development. GG campus
memberikan pengertian tentang metode pembelajaran baru yang menginspirasi dan
memberikan semangat kepada para peminat game untuk membuat sebuah karya
masterpiece nya sendiri.
GG Campus menargetkan
untuk memberikan edukasi kepada siapa saja yang tertarik kedalam industri game
dengan kurikulum yang terorganisasi. Pada seminar kali ini GG Campus diwakili
oleh beberapa narasumbernya antara lain,Kim Kyoung Hwan yang merupakan sebuah
dosen di universitas Seoul Cyber Univ.(Seoul),Yuhan Univ.(Buchon) dan Seoul
Occupational College(Seoul);Jung Hwan Kyoung,dan Park Ho Jun.
Game Yesterday and today
Pada pembahsan yang
pertama yaitu mengenai game yesterday and today. Yang dimaksud dengan game
yesterday and today adalah game yang popularitasnya sepanjang masa. Game yang
baik memiliki elemen story yang baik agar para pemain game tidak merasa cepat
bosan dalam memainkan game tersebut.
The Rise Of Gamming
Dalam merancang dan
mebuat game ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.Yaitu :
-Bunch of References
Untuk membuat game yang baik harus diperlukan banyaknya referensi.
-Free & Easy to Use tools
Pada tahap ini melakukan implementasi pada aplikasi game yang akan di buat.
-Monotize ready
Setelah game selesai dibuat maka siap untuk mendapatkan uang.
-Open Market
Pada tahap ini adalah tahap terpenting,yaitu aplikasi yang telah dibuat diharuskan support untuk semua market khususnya platform smartphone.
Kemudian komponen yang
ada pada game terdiri menjadi dua bagian,yaitu content dan engine. Content
terdiri dari sound,effect,lighting,level design,dan animation. Sedangkan
Enginge terdiri dari motion capture.
Pada pembahasan yang
berikutnya adalah tentang trend pasar game mobile dan kisah sukses nya. Status
pasar global dari game berbasis mobile,pada tahun 2013, pertumbuhan sangat
pesat pada game berbasis mobile dengan pendapatan diperkirakan sekitar 100
miliar dalam skala industri.trend pasar pada game berbasis mobile adalah
smarthpone yang pertumbuhan nya juga begitu besar.
Di asia
tenggara,Thailand,Vietnam,dan Indonesia merupakan pasar yang pertumbuhan nya diperkirakan
naik secara bertahap. Maka dari itu sudah banyak perusahaan-perusahaan besar
yang mengembangkan bisnis nya pada bidang game di Indonesia.
Pasar game yang paling
besar di dunia antara lain console game,PC game,online game,social game dan
mobile game. Beberapa perusahaan besar telah mengeluarkan berbagai aplikasi
gamenya,antara lain :
-online Game : Activision Blizz,EA,Tencent,Naxon,NCSoft.
-Mobile game : DeNA,GREE,Apple,Google,kaKaoTalk,Line.
-Console Game : Sony,Microsoft,Nintendo,Ubisoft,Konami,Namco
Bandai.
-SNS Game : Zynga,Facebook.
Dengan begitu pesatnya
industry game,ada beberapa contoh game berbasis mobile yang begitu
sukses.Antara lain :
-Clash of Clans : keuntungan $35 Juta/Bulan.
-Candy Crush : keuntungan $12
Juta/Bulan.
- Puzzle & Dragon :Keuntungan $100 Juta/Bulan.
Selain bebrapa
penjelasan tentang game diatas,pada seminar kali ini juga ditampilkan sebuah
demo game dengan teknologi Brain Computer Interface.Yang dimaksud dengan Brain
Computer Interface adalah mengontrol sebuah permainan dengan otak tanpa menggunakan
alat bantu seperti joystick atau sejenisnya.
Nama : Hariz Fadillah Muslim
Kelas :3IA12
NPM :53411236
0 comments:
Post a Comment