KESENJANGAN SOSIAL DIDALAM MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN PRIBADI MANUSIA


Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidaksamaan akses untuk mendapatkan sumber daya yang tersedia. Contoh nya kebutuhan primer, seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dan pekerjaan. Atau kebutuhan sekunder, seperti sarana pengembangan usaha, sarana perjuangan hak azasi, sarana saluran politik,dan lain-lain.
Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadi nya kesenjangan sosial adalah kurang nya kualitas sumber daya /pendidikan manusia itu sendiri dibandingkan dengan pendidikan atau kualitas sumber daya individu lain nya yang lebih tinggi.
 Kesenjangan sosial juga menyebabkan ada nya rasa iri terhadap individu lain yang kehidupan nya lebih layak,dan hal itu juga dapat mempengaruhi terhadap perkembangan pribadi individu itu tersebut,missal nya,seorang yang mengalami kesenjangan sosial cenderung memiliki rasa iri,atau dengki terhadap individu lain yang berkrhidupan lebih layak dari dirinya, dan itu sangat tidak baik apa lagi jika sifat tersebut terjadi pada usia remaja yang merupakan calon penerus bangsa.
Kesenjangan sosial bukan semata mata keinginan dari individu itu sendiri,hal ini lebih dikarenakan karena faktor-faktor yang di sebutkan tadi dan ada juga sedikit pengaruh dari lingkungan sekitar.
Selain dari individu masing-masing,masalah sosial seperti ini seharus nya juga di tangani oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,karena pemerintah bertanggung jawab akan kesejahteraan hidup rakyat nya,apabila kesejahteraan rakyat sudah baik dan sama rata,maka di pastikan tidak ada lagi kesenjangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat, karena setiap individu sudah mendapatkan hak nya masing-masing dan sama rata antar individu lain nya,dan  perkembangan pribadi setiap individu pun akan semakin membaik.

0 comments:

pendapat anda tentang blog ini?

Popular posts

Followers

Powered by Blogger.

Copyright © / HarizFadillahMuslim

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger