Pemuda dan Sosialisasi


Dalam pengertian nya, Pemuda atau remaja  dapat di  artikan sebagai suatu saat di mana setiap individu mengalami masa transmisi dari masa kanak-kanak ke masa yang lebih tinggi yaitu masa dewasa.
Sedangkan Sosialisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses seorang individu untuk mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar dia dapat diterima dan diakui oleh masyarakat sekitar atau masyarakat luas.
proses sosialisasi memiliki beberapa tahapan:
1.Keluarga
dimana pada tahap ini seorang individu baru belajar mengenali siapa-siapa saja yang berada di dalam keluarga nya. contoh nya Seorang anak yang baru mengenal siapa ayah nya, siapa ibu nya dan siapa saudar-saudara nya.
2.Sekolah
pada tahap ini merupakan salah satu tahap yang sangat penting,dimana seorang individu diajarkan berbagai macam pelajaran dan melatih individu untuk bersosialisasi dengan teman-teman sekolah nya secara formal.
3.Lingkungan Sekitar
Apabila individu dapat memaksimalkan proses sosialisasi di lingkungan sekitar,dalam arti tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negativ maka ia akan mempunyai kepribadian yang baik.
4.Media massa
Media Massa seperti media cetak maupun elektronik mempunyai peran penting dalam membentuk prilaku seorang melalui pesan yang di sampaikan nya.
Dengan ada nya Proses sosialisasi tersebut di sadari atau tidak individu tersebut akan mempunyai karakter tersendiri dan tidak sama antara satu dan yang lain nya.Dan setiap individu juga akan mendapatkan gambaran bagaimana ia harus bertingkah laku.
Dalam usia muda atau remaja,sosialisasi terhadap lingkungan sangat penting untuk menumbuhkan jiwa bersosialisasi.Akan tetapi, sosialisasi terhadap lingkungan perlu di wujudkan dengan bukti nyata, contoh nya aktif dalam lingkungan sekitar, aktif mengemukakan pendapat di muka umum agar mendapatkan hasil yang lebih baik bagi masyarakat umum.
Selain contoh diatas, dalam Politik juga tidak jarang pemuda mengemukakan pendapat di muka umum dengan cara berorasi di depan gedung DPR dengan tujuan agar mendapat hasil yang lebih baik lagi, baik untuk diri nya dan khusus nya untuk rakyat kebanyakan.
Dari contoh-contoh diatas merupakan hasil yang di peroleh apabila seorang individu dapat memaksimalkan setiap proses sosialisasi mulai dari lingkungan keluarga,lingkungan sekolah,sampai berada di lingkungan sekitar.
apabila seorang individu tidak dapat memaksimalkan proses sosialisai dan terjerumus kedalam hal-hal yang negativ maka dalam sosialisasi di dalam masyarakat kelak ia akan di cela atau di jauhi bahkan terasingkan dari lingkungan sekitar.Dalam hal ini faktor-faktor penyebab nya antara lain kurang nya perhatian oleh keluarga dan terpengaruh oleh teman-teman sebaya nya yang memiliki sifat atau karakteristik yang kurang baik.
Kita sebagai pemuda dan penerus bangsa sudah sewajar nya untuk dapat bersosialisasi di dalam masyarakat melalui hal-hal positif dan berusaha agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negativ agar kelak bangsa ini mempunyai penerus-penerus yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

pendapat anda tentang blog ini?

Popular posts

Followers

Powered by Blogger.

Copyright © / HarizFadillahMuslim

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger